Indonesia memiliki pertumbuhan pasar yang signifikan. Dengan mendirikan kantor perwakilan baru di Indonesia, Pioneer bukan tidak hanya ingin memperkuat penjualan bisnis audio mobil aftermarket, tapi juga akan menekankan penjualan audio rumah tangga yang menyasar kelas menengah yang daya belinya terus meningkat.

SATU lagi, produsen elektronik terbesar asal Jepang yang menyatakan komitmennya untuk menginvestasikan bisnisnya di pasar Indonesia. Dengan mendirikan kantor perwakilan dan pabrik di tanah air, Pioneer, nama perusahaan tersebut berharap dapat menjadi pioneer yang memperkenalkan inovasi teknologi tingkat tinggi di setiap produknya. Di Indonesia, Pioneer sendiri dikenal dengan brand audio dan video serta beragam jenis produk yang meliputi DVD, perlengkapan home stereo, speaker, car audio visual dan peralatan DJ.

Kantor Pusat Regional Pioneer Corporation berdiri sejak 1992. Demi mempercepat pertumbuhan bisnis, perusahaan  akan mulai memproduksi produk di Indonesia di kuartal kedua tahun 2013 mendatang sebanyak 1 juta unit.

“Kami telah menetapkan tujuan jangka panjang untuk operasi bisnis di Indonesia. Dengan investasi ini, akan memudahkan saya menempatkan fokus yang kuat pada hubungan kerja antara Pioneer dengan mitra bisnis yang ada dan mitra bisnis potensial,” ujar Jun Murakami, Chief Representative Officer Indonesia.

Mulai bertugas di bulan Oktober tahun ini untuk bertanggung jawab dalam hal penjualan dan kegiatan pemasaran di Indonesia, Murakami melihat Indonesia memiliki pertumbuhan pasar yang signifikan. Oleh sebab itu, ia berkeyakinan akan meraih keberhasilan bisnis di Indonesia dengan mengembangkan layanan pribadi bagi pelanggannya.

“Tidak hanya untuk memenuhi potensi pasar di Indonesia, strategi ini dilakukan juga untuk memperkuat struktur penjualan  dan produksi di Asia Tenggara,” jelas pria yang sudah bergabung dengan Pioneer Corporation sejak tahun 1998.

Lanjutnya, “Dalam konteks pasar Indonesia, kami juga telah berhasil mendirikan kantor perwakilan baru di Indonesia baru-baru ini yang terletak di Wisma 46 – Kota BNI, Suite 2.09, 2nd Floor, Jalan Jend. Sudirman,”

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kehadiran Pioneer, berikut petikan wawancara BISKOM dengan Jun Murakami, belum lama ini.

Apa motivasi Pioneer membuka kantor perwakilan baru di Indonesia dan target apa yang ingin dicapai?
Indonesia merupakan salah satu pasar yang paling cepat berkembang di Asia Tenggara, dan ini merupakan saku kesempatan untuk mengembangkan bisnis Pioneer. Sebagai hasilnya, kami telah memutuskan untuk mendirikan kantor perwakilan di Indonesia untuk mengatasi potensi pasar yang kuat di dalam negeri. Salah satu tujuan utama untuk kantor perwakilan baru yaitu memperkuat bisnis dengan produsen mobil di Indonesia.

Produk apa saja yang akan diproduksi pabrik ini nantinya?
Produk audio car entertainment Pioneer yang bertujuan untuk memperkuat bisnis audio car entertainment di Indonesia.

Apa upaya yang Anda lakukan untuk mencapai target tersebut?
Pioneer menempatkan penekanan kuat pada sumber daya manusia dan produk ke pasar ini. Dengan kantor perwakilan baru yang berbasis di Indonesia, Pioneer dapat berkomunikasi secara lebih efektif dengan produsen mobil, untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Dengan adanya kantor baru ini, sejauh mana Pioneer akan memanfaatkan sumber daya manusia Indonesia?
Kami akan bekerja lebih erat dengan kantor distributor lokal, PT. Adab Alam Electronics, yang merupakan penghubung kantor perwakilan dengan perusahaan distributor di Indonesia. Sebagai awal dimulai dengan tim yang tidak terlalu banyak terlebih dahulu. Namun, Pioneer terus berkembang untuk memenuhi perubahan kebutuhan konsumen kami di seluruh pasar audio car entertainment. Oleh karena itu, kami juga akan menjajaki kemungkinan memperluas jangkauan yang ada dalam waktu dekat.

Apakah ada kendala dalam pembangunan kantor maupun pabrik ini?
Pioneer mempertimbangkan munculnya risiko di masa depan untuk keputusan strategis membangun kantor perwakilan baru dan memulai produksi lokal di Indonesia. Meskipun mungkin akan berisiko di masa depan, Pioneer meramalkan pertumbuhan pasar yang signifikan untuk Indonesia, maka kami memutuskan untuk merespon dengan cepat permintaan pasar ini.

Selain di Indonesia, apakah Pioneer juga membangun pabrik di Negara lain, khususnya di Asia?
Pioneer telah menegaskan keberadaannya di Asia Tenggara dengan membentuk perusahaan Pioneer Electronics Asiacentre Pte Ltd yang bermarkas di Singapura sejak tahun 1992 yang mengelola perencanaan produk, penjualan, dan produksi. Sejak saat itu, Pioneer terus meluaskan penjualan dan produksinya di kawasan Asia Tenggara, misalnya dengan pendirian kantor anak perusahaan di Thailand, Malaysia, dan India.

Jadwal produksi di Indonesia sendiri direncanakan dimulai pada kuartal kedua tahun 2013.

Diantara banyaknya jenis produk Pioneer, mana yang berkontribusi besar dalam pendapatan Pioneer?
Produk audio car entertainment membentuk tulang punggung bisnis kami terutama di Indonesia, dengan berkembangnya industri otomotif dan sektor terkait.

Pioneer sangat berkonsentrasi pada produk audio, bagaimana dengan produk teknologi informasi (TI) lainnya?
Keahlian Pioneer terletak pada teknologi audio dan visual. Dalam memberikan pengalaman lebih kepada pelanggan, kami selalu berinovasi untuk memberikan produk-produk yang membantu pelanggan kami menikmati audio dan pengalaman visual ke tingkat berikutnya. Oleh karena itu, kami selalu mencari sektor baru yang terkait dengan industri dalam memberikan produk-produk baru yang inovatif untuk memenuhi keinginan konsumen. Seperti, menghadirkan solusi terbaru yang aman dengan menggabungkan gaya hidup konsumen digital yang terhubung dengan TI dan gadget terbaru seperti smartphone.

Sejauh ini minat pasar Indonesia terhadap audio rumah tangga? Dan teknologi terbaru yang akan segera diperkenalkan Pioneer dalam waktu dekat ini?
Pioneer meramalkan pertumbuhan pasar yang signifikan bagi Indonesia, dimana kami tidak hanya akan memperkuat struktur penjualan untuk bisnis audio mobil, tetapi juga akan menekankan pada penjualan home audio entertainment, menargetkan pada kelas menengah dengan meningkatnya daya beli.

Pioneer telah mapan dalam industri DJ. Berdasarkan pengalaman Pioneer dalam mengembangkan terkenal di dunia profesional produk DJ, MIXTRAX diimplementasikan dalam berbagai produk audio car entertainment di seluruh dunia dan produk Steez yang dirancang untuk komunitas dancer.

Keunggulan apa yang ditawarkan Pioneer sehingga berbeda dengan produk lainnya?
Pioneer berusaha untuk memberikan produk-produk menarik dengan fitur inovatif yang melebihi harapan konsumen kami. Meski demikian, Pioneer menempatkan fokus yang kuat pada pengembangan produk-produk berkualitas tinggi dalam menikmati musik atau menonton video.

Seberapa penting pasar Indonesia bagi Pioneer? Karakter seperti apa yang membedakan konsumen Indonesia dibanding negara lain?
Pasar Indonesia menghargai produk Jepang, dan ini merupakan keunggulan kompetitif bagi produsen Jepang seperti Pioneer. Karakteristik pasar dapat diamati dari tren bahwa produsen mobil merek Jepang mencapai lebih dari 90% dari penjualan mobil baru di Indonesia.

Bagaimana pendapat Anda tentang iklim usaha di Indonesia? Hal apa saja yang masih kurang?
Di Indonesia, banyak bermunculan kelas menengah dengan pertumbuhan daya beli yang kuat. Peran kelas menengah Indonesia yang memacu permintaan untuk pasar konsumen. Namun, kelas menengah Indonesia masih membutuhkan waktu untuk menumbuhkan budaya membeli produk-produk berkualitas tinggi. Meski demikian, kami percaya pasar Indonesia masih terbuka di segala segmen. Di sisi lain, Indonesia berpotensi untuk menjadi negara produsen dunia nantinya. •ANDRI

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.