Setelah sukses di Yogyakarta, Games Computer Festival (GamesCom) 2014 kembali digelar di Pusat Teknologi Informasi (TI) terbesar di Surabaya.
PAMERAN dan event kompetisi game, Surabaya GamesCom 2014, berlangsung pada 10 – 18 Mei 2014 di THR Hitech Mall Surabaya, Jawa Timur. Pada hari pertama pembukaannya, Surabaya GamesCom 2014 berlangsung meriah, sama seperti Yogyakarta GamesCom 2014 yang diadakan pada 30 April–4 Mei 2014 lalu.
Surabaya GamesCom 2014 yang dipersembahkan oleh PT. Digitalife Nusantara, event organizer di bidang TI ini memamerkan banyak produk, teknologi terbaru hingga aksesoris yang berkaitan dengan game dari sejumlah vendor terkemuka seperti Alienware, Dell, AMD,WD,Asus, LG Led IPS, VGen, Micropack, Delux dan Power Color.
Pengunjung bukan saja dapat mencoba produk-produk terbaru selama pameran, tetapi juga berkesempatan mendapatkan produk-produk gaming dengan harga khusus.
Surabaya GamesCom 2014 sekaligus menjadi ajang final musim ke-2 kompetisi game berskala nasional, yaitu Indonesia eSport Super League (IESL) – dengan materi game DOTA2. Kompetisi ini juga didukung eClub sebagai official publisher DOTA2 di Asia.
Para pemenang sebelumnya lolos dari babak kualifikasi di tiga wilayah, yaitu : kualifikasi wilayah barat (Jakarta, 10-11 Mei), kualifikasi wilayah tengah (Yogyakarta, 1-3 Mei) dan kualifikasi wilayah timur (Surabaya, 10-14 Mei), akan berlaga memperebutkan gelar terbaik di musim ini pada 17 Mei 2014 di “Laga Para Jagoan”.
Kompetisi IESL yang memasuki musim kedua triwulan ini (Mei – Juli) menggandeng sponsor utama Alienware, pelopor spesialisasi sistem PC Gaming berkinerja tinggi. Tentu saja dalam acara ini, masyarakat dan pencinta bisa melihat dan menjajal langsung ketangguhan Alienware 14 dan Alienware 17. Kedua notebook Alienware ini memiliki desain baru yang sama sekali berbeda dari seri notebook Alienware sebelumnya, ditambah dengan kinerja luar biasa yang memberikan pengalaman bermain game terbaik.
Keduanya dilengkapi dengan fitur-fitur gaming tangguh seperti prosesor Quad-Core Intel Core i7 generasi ke-4, kartu grafis NVIDIA seri GeForce 700, memori DDR3L yang lebih hemat listrik, dan sistem kendali pencahayaan ekslusif AlienFX.
Fasilitas lain yang bisa didapatkan dari notebook canggih ini diantaranya alat otomatisasi game dan aplikasi yang bisa diatur sendiri yakni AlienAdrenaline, teknologi Ethernet dari seri KillerTM besutan Qualcomm, speaker Klipsch dan audio Dolby Home Theater v4.
Alienware 14 memungkinkan untuk bekerja dengan tiga hard disk sekaligus, sementara seri Alienware 17 hingga empat hard disk.
Primawan Badri, Country Manager dan Direktur divisi Consumer, Dell Indonesia mengatakan (10/5), “Notebook-notebook terbaru ini adalah hasil dari masukan dari konsumen sejak kami pertama kali meluncurkan sistem gaming ini di tahun 1996. Kami memikirkan dengan cermat setiap detail dari kedua produk ini guna memastikan keduanya adalah jajaran produk gaming terbaik yang pernah kami perkenalkan.”
Sony Kuncoro, PIC PT Andalan Teguh Mandiri (ATM COM), selaku distributor Alienware di Indonesia mengatakan, “Animo masyarakat terhadap notebook Dell Alienware semakin tinggi. Ketangguhan, performa dan estetika yang memenuhi harapan para gamer adalah beberapa alasan mengapa penjualan Alienware dari waktu ke waktu semakin tumbuh secara signifikan.”
Selain pameran dan kompetisi game, dalam rangkaian Surabaya GamesCom 2014, pengunjung juga bisa mencoba turnamen mini seperti Heroes of Atarsia, Audition, Gundam, FIFA online, dan game lainnya dari penerbit game nasional, seperti Garena Indonesia dengan game League of Legends, Megaxus Infotech dengan Counter Strike Online, serta Qeon Interactive dengan game Clash Of Gods. Turnamen game ini berlangsung seru berkat dukungan jaringan internet super cepat dari Telkom Speedy.
Yang tak kalah menarik, di event ini AMD dan Western Digital membuka konsultasi spesifikasi komputer buat gaming. Sementara Telkomsel memperkenalkan cara transaksi yang lebih mudah dengan sejumlah merchant, hanya dengan mengisi pulsa telpon.
Surabaya GamesCom 2014 didukung oleh BISKOM selaku media partner. •