SUASANA happy jelas terlihat di Happy Run, acara olah raga yang menjadi bagian dari kampanye Taiwan Excelence. Sebanyak 2000 peserta memadati Plaza Barat Gelora Bung Karno, Jakarta, tempat acara ini berlangsung, untuk kemudian menempuh lari marathon dengan jarak sekitar lima kilometer.
Taiwan Excellence merupakan program Taiwan yang diinisiasi oleh Bureau of Foreign Trade (BOFT) dari Kementerian Ekonomi Taiwan bersama Taiwan External Trade and Development Council (TAITRA). Taiwan Excellence pada awalnya memiliki tujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat bahwa merek-merek terkenal yang mereka gunakan, seperti Asus, Acer, D-Link, Ben-Q, Genius dan lain sebagainya merupakan produk buatan Taiwan. Namun pada perkembangannya, melihat sambutan masyarakat yang antusias, Taiwan terus mengembangkan pasar di dalam negeri, sekaligus mengadakan banyak kerjasama bisnis dengan pengusaha lokal. Tahun 2014 ini program kampanye Taiwan Excellence telah memasuki tahun kelima.
“Happy Run merupakan kegiatan pertama dalam rangkaian acara Taiwan Excellence di tahun 2014. Happy Run ingin mengajak masyarakat Indonesia mempertahankan gaya hidup modern yang sehat,” kata Peter W.J. Huang, President & CEO TAITRA, di sela-sela acara (15/6).
Acara yang digelar secara gratis ini sekaligus mengajak peserta untuk berbuat amal dengan menyumbang kepada organisasi amal, seperti Dompet Dhuafa, World Vision Indonesia dan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia. Selain menggalang dana, organisasi tersebut menerima sumbangan seperti pakaian, buku dan sepatu untuk disalurkan kepada yang membutuhkan. Peserta Taiwan Excellence Happy Run juga dapat mendonorkan darahnya kepada Palang Merah Indonesia (PMI).
“TAITRA berharap dengan kegiatan donasi ini, masyarakat dapat merasakan kehangatan hati sebelum bulan suci Ramadhan, dan kekurangan darah yang biasanya terjadi selama Ramadhan dapat teratasi,” papar Peter W.J. Huang.
Di lokasi acara Taiwan Excellence Happy Run, terdapat juga Taiwan Excellence Experiencing Zone, yang menampilkan produk-produk berkualitas dari 54 merek Taiwan. Selain itu, peserta juga dapat bergabung di kompetisi Best Costume untuk memenangkan hadiah menarik, juga mencoba makanan yang lezat dan minuman khas Taiwan di Taiwan Food Bazaar, serta menikmati berbagai hiburan lainnya dan memenangkan hadiah undian lucky-draw.
“Taiwan sangat menghargai hubungan perdagangan yang positif yang kami miliki dengan Indonesia. Kegiatan program amal seperti Taiwan Excellence Happy Run adalah cara kami untuk menunjukan rasa terima kasih kami kepada seluruh masyarakat Indonesia yang telah mendukung kami,” kata Chang Liang Jen, Perwakilan Taipei Economic and Trade Office (TETO), lembaga ekonomi dan perdagangan dari Taiwan.
Pada kesempatan tersebut, TAITRA juga memperkenalkan Whulandary Herman, Putri Indonesia 2013, sebagai Celebrity Endorse Taiwan Excellence 2014. Sebelumnya, artis Cathy Sharon dan Agni Pratistha juga pernah menjadi Celebrity Endorse Taiwan Excellence.
“Suatu kebanggaan bagi saya dipercaya menjadi Celebrity Endorse Taiwan Excellence 2014. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan melalui kerjasama antara Indonesia dan Taiwan ini karena Taiwan bukan hanya menjalankan bisnis di Indonesia, tetapi juga berkomitmen untuk melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR), seperti membuka kesempatan kerjasama yang sebesar-besarnya dengan masyarakat Indonesia. Bukan itu saja, TAITRA juga terlibat dengan pemerintah untuk bersama-sama menjadikan Indonesia sebagai negara produsen di bidang Teknologi Informasi (TI),” ungkap Whulandary.
Untuk diketahui, kampanye Taiwan Excellence di Indonesia yang dimulai pada tahun 2010 ini awalnya hanya terdiri dari merek-merek perlengkapan TI, tapi kini semakin banyak merek yang tergabung dalam Taiwan Excellence yang antara lain meliputi peralatan olahraga, peralatan medis, home furnishing, dan lain-lain.
Pada tahun 2014, ada 54 merek bergabung dalam Taiwan Excellence di Indonesia, diantaranya Asus, Aver, Avision, BenQ, Carnation, Cashido, Chimei, D-Link, Edimax, Eilong, Enermax, Genius, Gigabyte, Karma, HEC, HTC, InaDays, In Win, Just Mobile, Merida, Microlife, MSI, Optoma, Pacific Cycles, PQI, PX, Shuter, Silicon Power, Slidy Bike, Strength Master, Transcend, TrendMicro, Watotec, dan YenSun.
Taiwan Excellence Happy Run didukung oleh BISKOM selaku media partner. •