INDOCOMTECH sebagai ajang pameran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) terbesar di Indonesia dan selalu menjadi barometer dalam evolusi industri TI di tanah air menjadikan keberadaannya selalu ditunggu-tunggu pecinta gadget maupun masyarakat yang ingin mengetahui perkembangan TIK terkini.
Pameran yang selalu ramai dikunjungi masyarakat ini pun menarik pihak Taiwan Externel Trade Development Council (TAITRA) untuk ikut berpartisipasi dengan membuka Taiwan Excellence Paviliun di Indocomtech Hall B, booth H yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, mulai 29 Oktober – 2 November 2014.
Pihak TAITRA menyebutkan momen pagelaran Indocomtech ini merupakan kesempatan bagi Taiwan untuk memperkenalkan brand-brand TI dari Taiwan yang berkualitas kepada masyarakat Indonesia. Keikut sertaannya dalam pameran ini merupakan bagian dari kegiatan kampanye Taiwan Excellence yang dimulai sejak tahun 2010 lalu oleh TAITRA dibawah pengawasan Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT), Kementerian Ekonomi (MOEI) Taiwan.
“Kami mengawali kampanye Taiwan Excellence dengan memperkenalkan brand-brand TIK yang handal dan terdepan, seperti Acer, Asus, BenQ, HTC, Optoma dan brand lainnya. Namun tidak hanya TIK, dengan semakin tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap produk-produk Taiwan sekarang ini berbagai brand-brand electronic, fashion, home appliance hingga kesehatan juga diperkenalkan,” ujar Y.C. Tsai, Director of Economic Division, Taipei Economic and Trade Office, Indonesia, di Jakarta (30/10).
Untuk membuktikan kehandalan produk-produk dari Taiwan, Tsai pun mengambil laptop Acer S7 yang selalu dibawanya ke atas stage dan menjatuhkan, lalu menginjak-injak laptop tersebut. Masih kurang puas, beliaupun mengajak audience untuk membantu menginjak-injak laptop tersebut. Hasilnya, meskipun mendapat tekanan keras, Acer S7 tetap utuh dan berfungsi normal. “Ini merupakan inovasi yang dibuat Acer brand dari Taiwan yang tidak hanya mengedepankan performa tetapi juga kekuatan materialnya,” tandas Tsai.
Sementara itu, Soegiharto Santoso dari Masterdata, selaku rekanan Taitra dalam kegiatan Taiwan Excellence menyebutkan, keberadaan Taiwan Excellence tidak hanya selalu mempromosikan produk-produk negaranya saja tetapi juga telah banyak mendukung berbagai kegiatan positif yang dapat memajukan bangsa. Diantaranya, belum lama ini ikut terlibat dalam gerakan “Sumpah Pemuda Cyber” yang digelar oleh Onno Center dan komunitas TIK lainnya untuk memberdayakan generasi muda dalam bidang TIK dan penetrasi internet di daerah.
“Saat ini tidak hanya berfokus di Jakarta saja dalam mengkampanyekan Taiwan Excellence, tetapi juga mengikuti pemeran-pameran ke kota lainnya, seperti Surabaya, Bali, Medan dan selanjutnya berencana ke Makassar. Selain itu Taiwan Excellence juga mempunyai stand di Mall Mangga Dua, Mall Ambassador dan Rimo Bali Computer Center,” papar Soegiharto yang juga merupakan pendiri Onno Center.
Sebanyak 25 brand Taiwan Excellence dipamerkan, diantaranya Acer, Asus, Adata, Asrock, BandRich, BenQ, BXB, CyberPower, DrayTek, Edimax, GKB, Handlink, HTC, JM, MSI, Optoma, Rexon, Tysso dan ZyXel. Selain itu, acara ini juga diramaikan dengan berbagai hiburan seperti selebriti The Dream Girl, The Dancer, group vocal UNO dan berbagai game interaktif menarik lainnya.
Di Taiwan Excellence Pavilion juga disediakan berbagai souvenir menarik bagi konsumen yang membeli produk-produk dari brand Taiwan Excellence yang ada di area pameran Indocemtech dengan menunjukkan nota pembeliannya. •ANDRI