Mempertahankan bisnis hingga 15 tahun dalam kondisi ekonomi yang pasang surut memang tidak mudah. Namun Epson Indonesia, di usianya yang ke 15 justru telah mencatat banyak prestasi. Ke depan, perusahaan yang bergerak dalam bidang pencitraan digital dan cetak ini berkomitmen untuk mencapai  sejumlah target.

epson-1

MERAYAKAN ulang tahunnya yang ke 15 pada 1 Oktober 2015 lalu, PT Epson Indonesia telah mengadakan banyak kegiatan positif. Pertama, Epson Solution Day (ESD) untuk perusahaan-perusahaan pada April 2015 lalu dengan target 15 kota di Indonesia, diantaranya Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Bandung, Cikarang, Medan, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Balikpapan, Padang, Samarinda, Makassar, Manado dan Bali. Disusul kemudian kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang dimulai pada 24 September 2015 dengan memberikan qurban di beberapa mesjid dan panti asuhan di Jakarta, Yogyakarta, dan Medan.

Donor darah juga diselenggarakan Epson pada 1 Oktober 2015.  Selain itu, Epson mengadakan family gathering, kegiatan Epson Goes To School” yang melibatkan 90 sekolah serta Epson Color Imaging Contest yang berlangsung dari 15 November 2015 hingga 9 Januari 2016 mendatang.

Puncak perayaan ulang tahun Epson diadakan di Nusa Dua, 6 November 2015 yang dihadiri 50 wartawan dan mitra bisnis Epson dari berbagai kota. Acara yang semarak ini menghadirkan penyanyi Andre Hehanusa dan Kikan, mantan vokalis Band Cokelat.

Pada kesempatan tersebut, Toshimitsu Tanaka, Direktur PT Epson Indonesia menyampaikan terima kasih dan penghargaan untuk para partner dan channel bisnis, korporat dan consumer,  tim CSR dan pers yang selama ini selalu mendukung Epson Indonesia.

Penghargaan diberikan Epson dalam beberapa kategori, diantaranya Top Product Sales Achiever, Top Sales Contributor, Lifetime Achievement Award Master Dealer, Lifetime Achievement Award Distributor, The Best Overall Performer Award, The Highest Loyalty Award, Best Epson Goes To School CSR Activity, serta Appreciation Award yang diberikan kepada sebagian besar channel, korporat, CSR, consumer, serta pers.

Pertumbuhan Bisnis

M. Husni Nurdin, Senior General Manager Epson Indonesia mengatakan, “Epson Indonesia saat ini memiliki 146 karyawan dengan omzet antara Rp. 1 triliun dan Rp. 2 triliun per tahun sejak 2013. Sejumlah lonjakan telah dicapai Epson, diantaranya pertumbuhan revenue tahun ke-15 sebesar 22 kali lipat dibandingkan tahun pertama untuk segmen printer inkjet. Karenanya, Epson Indonesia pun berani menargetkan untuk menjadi market leader pada tahun ini di segmen inkjet dengan pangsa pasar 45%.”

Sementara untuk segmen printer format besar, Epson mencatat pertumbuhan revenue 84 kali lipat, dengan target menjadi pemimpin pasar dan penguasaan pangsa 40%. Di segmen printer laser, Epson hanya mencatat pertumbuhan 1,5 kali lipat dengan target posisi pasar nomor lima dan penguasaan pangsa 4%. Pada segmen dot matrix, Epson meraih peningkatan 1,9 kali lipat dengan posisi sebagai pemimpin pasar dan pangsa 96%.

Epson yang unggul di bidang pencitraan digital juga mencatat pertumbuhan yang fenomenal, sebanyak  91 kali lipat dibandingkan 15 tahun yang lalu. Di segmen ini, Epson pun menargetkan posisi pemimpin pasar dengan pangsa hingga 30% tahun ini.

Selain itu, tambah Husni, Epson akan terus menciptakan berbagai jenis produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, seperti halnya printer Inkjet L-Series, printer yang diprakarasi di Indonesia tahun 2010, yang sekarang telah sukses dipasarkan di lebih dari 140 negara di dunia. Tak heran jika Epson mengusung tagline ‘Dari Indonesia Untuk Dunia”.

Tak ketinggalan, untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen, Epson akan menambah jumlah service center di sejumlah daerah. Saat ini, Epson sudah memiliki 14 service center. Mereka berencana untuk menambah 8 service center lagi sehingga total akan ada 22.

Epson mengakui, selama ini konsentrasi pasar mereka ada di Pulau Jawa, sehingga tahun depan mereka akan merambah pasar luar Jawa, termasuk Papua. • YULIA CH