2aTANGGAL 27-29 April  2016 mendatang akan menjadi sejarah perhelatan e-commerce pertama dan terbesar di Indonesia. bertajuk Indonesia E-Commerce Summit & Expo (IESE), acara ini disebut-sebut sebagai forum pertemuan bergengsi yang akan menampilkan 72 pembicara baik dari lokal maupun internasional, akademisi hingga pelaku raksasa e-commerce seperti Alibaba dan Ebay serta lebih dari 150 eksibitor akan ikut andil dalam perhelatan akbar ini.

Dalam acara press Conference (29/02), Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyampaikan, “Saat ini, Indonesia memiliki 56 juta UKM dan menjadi kontributor terbesar dari PDB Indonesia yakni sebanyak 56%. Dengan dukungan digital, usaha retail ini mampu berkembang hingga dua kali lipat.”

Dengan demikian, tambahnya, acara ini akan memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam hal e-commerce sendiri Indonesia tengah dan diprediksi akan terus tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun mendatang, hingga mencapai USD130 Milyar di Tahun 2020. Untuk itu Pemerintah melalui Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian tengah menyiapkan kepres diantaranya untuk menunjang kemanan dan kerahasiaan dalam bertransaksi serta perlindungan konsumen yang merupakan dukungn infrastruktur selain menjangkau daerah-daerah yang masih blank spot jaringan internet tentunya.

1“E-commerce yang bersifat borderless, dapat mempertemukan penjual dan pembeli dari daerah manapun atau negara manapun sehingga memicu permintaan pembelian. Dengan menggaet beberapa brand dari luar diharapkan peningkatan impor akan naik. Dengan meningkatnya peninggakatan permintaan di Indonesia terhadap barang luar negeri di harapkan dapat mendorong investasi langsung di Indonesia,” ujar Kusumo Martanto, CEO Bli-bli.com.

E-dagang tidak dapat dipisahkan dari E-Banking. Meningkatnya transaksi e-dagang secara otomatis akan meningkatkan jalur pembayaran melalui Bank. Rico Frans, SPV Transaction Banking Bank Mandiri menyampaikan bahwa Bank merupakan sarana pembayaran yang dapat di andalkan. Bank Mandiri selaku sponsor utama berkomitmen untuk menyediakan istrumen pembayaran yang dapat di jangkau baik oleh buyers maupun merchant yang masih notabene unbankable namun tetap mengacu kepada peraturan BI sehingga aman.

Ketua Umum Indonesia E-Commerce Indonesia, Daniel Tumiwa menyatakan, dengan diselenggarakannya acara ini diharapkan dapat menjadi wadah untuk interaksi pelaku e-commerce sehingga tercipta ide-ide kreatif, menambah kesadaran akan manfaat e-commerce dan mampu menginspirasi UKM. Selain itu acara ini akan memberikan apresiasi dengan memberikan akreditasi terhadap merchant terpercaya dan di harapkan kedepannya acara ini akan menjadi event terbesar di Asia.

IESE sendiri diprakarsai oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) dan didikung sepenuhnya oleh Kementerian Kounikasi dan Informatika serta Kementerian Dalam Negeri. Hadir pula beberapa situs belanja On-line terkemuka di Indonesia yang menjadi sponsor premium seperti Tokopedia dan Bli-bli.

Dyandra Promosindo selaku Event Organizer menyatakan acara ini akan di gelar di Indonesia Exibithion (ICE) BSD, Tanggerang. Pengunjung dari Jakarta tidak perlu Khawatir karena akan tersedia Shuttle Bus yang akan mengantar pengunjung menuju lokasi. M. TAUFIK