Jakarta, BISKOM – Telkom Group resmi membuka blokir akses mereka kepada Netflix mulai Selasa (7/7/2020). Ini membuat semua pengguna jaringan Telkom Group, seperti Telkomsel, IndiHome, dan Wifi.id, sudah bisa mengakses Netflix.
“Telkom mengapresiasi perubahan pendekatan yang dilakukan Netflix untuk pasar Indonesia dan karenanya memberi kesempatan pada pelanggan Telkom Group untuk dapat mengakses beragam konten hiburan,” ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo.
Pendekatan yang dimaksud Telkomsel adalah komitmen Netflix untuk serius dapat diterima masyarakat Indonesia. Langkah Netflix itu seperti menyediakan tools untuk pembatasan akses atas tayangan sensitif dan ketidaksesuaian umur bagi pelanggan (parental control). Ada juga mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam.
Selain itu, Telkom menyediakan mekanisme untuk penanganan keluhan pelanggan, termasuk sesegera mungkin mendengar masukan dan bersedia menyelesaikan keluhan dari pemerintah atau regulator dalam waktu 24 jam atau sesuai dengan kurun waktu yang ditentukan oleh pihak yang berwenang.
Dengan adanya implementasi content code dari Netflix ini, Telkom menyambut itikad baik tersebut sebagai peluang meningkatkan kualitas layanan melalui ragam konten hiburan, termasuk konten lokal dengan tetap berkomitmen mengedepankan kenyamanan dan perlindungan terhadap pelanggan.
Pembukaan blokir terhadap Netflix ini berimbas positif pada saham Telkom. Mengacu data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), saham TLKM naik 1,64% di level Rp 3.110/saham dengan nilai transaksi Rp 342,46 miliar dan volume perdagangan 111,10 juta saham. Sepekan terakhir saham induk usaha Telkomsel ini naik tipis 1,97% dan sebulan terakhir masih minus 0,96%. Asing hari ini masuk ke saham Telkom sebesar Rp 68,46 miliar. (red)