ANDAL Software, perusahaan produsen aplikasi lokal terkemuka di Indonesia mengumumkan peluncuran aplikasi Andal PayMaster 2016 dan Andal Linkage 2016 yang dapat membantu meningkatkan kinerja perusahaan. Andal PayMaster 2016 dan Andal Linkage 2016 adalah aplikasi untuk mengelola data karyawan, gaji, Kehadiran, PPh 21, dan BPJS. Kedua produk ini merupakan lanjutan evolusi proses penggajian Andal Software yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam melakukan analisa, sehingga dapat digunakan untuk mereview biaya operasional dan meningkatkan efisiensi produksi.
Pada peluncuran versi terbaru ini, Andal Software menekankan bahwa fungsi utama dari sebuah software payroll tidak hanya sebagai alat untuk menghitung gaji, tetapi software harus bisa menjadi tools untuk memberikan informasi agar memudahkan dalam pengambilan keputusan oleh perusahaan.
“Data gaji dan lembur karyawan menyimpan banyak sekali informasi yang mempunyai nilai yang tinggi selayaknya harta karun yang terpendam. Data gaji yang disajikan tersebut dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan perusahaan,” kata Indra Sosrodjojo, Direktur Andal Software di Jakarta (9/9) .
Ia menambahkan, “Kebutuhan untuk pengelolaan Payroll sekarang ini bukan lagi untuk menghitung gaji, dan mengharapkan perhitungan lembur, tunjangan, perhitungan PPh21 serta potongan BPJS nya benar atau salah, tetapi sudah bergeser ke analisis. Sehingga software Payroll harus dapat menyajikan data untuk analisis. Menganalisa data gaji melalui laporan yang statik juga sudah mulai ditinggalkan. Andal PayMaster 2016 sudah dilengkapi dengan Dashboard, dapat menyajikan data sesuai kebutuhan dalam bentuk grafik maupun tabel yang dapat digunakan untuk menganalisa keadaan perusahaan.”
Andal Software menyadari bahwa kekuatan data yang diolah menjadi informasi merupakan sumber yang sangat penting dalam menentukan strategi, sehingga Andal Software membangun tools internal yang bernama Andal Information Mangement (AIM).
“Awalnya AIM ini dibangun hanya untuk mengelola data dari bagian support, sehingga kami mengetahui jumlah support yang masuk dan masalah apa yang sering ditanyakan oleh pemakai produk Andal. Dengan menggunakan tools ini kami dapat mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sekarang ini AIM tidak hanya untuk support tetapi sudah dapat menangani semua kebutuhan operasi Andal Software,” lanjut Indra lagi.
AIM ini memberikan banyak data yang dapat digunakan untuk menentukan strategi baik strategi untuk pengembangan produk maupun strategi marketing Andal.
Andal Software mengusung produk andalannya yaitu Andal PayMaster, yang merupakan aplikasi paket penggajian yang telah digunakan lebih dari 500 perusahaan di Indonesia. Aplikasi ini ditujukan untuk perusahaan kelas menengah di Indonesia agar dapat melakukan perhitungan gaji yang efisien serta perhitungan pajak yang akurat, mempermudah perusahaan dalam melakukan analisa dan mengambil keputusan yang tepat. •